Apa yang Seharusnya Dilakukan Saat Umroh

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, pergi umroh adalah sebuah impian yang sangat ingin diwujudkan. Buktinya sudah sangat jelas, jamaah haji Indonesia yang semakin banyak di tiap tahunnya menjadikan antrian haji semakin panjang. Oleh karena itu, karena kerinduannya akan tanah suci, banyak jamaah yang memutuskan untuk berangkat umroh terlebih dahulu.

Sayangnya banyak juga yang kurang paham akan perbedaan haji dan umroh. Seperti yang kita ketahui, ibadah haji merupakan ibadah wajib yang waktunya sudah ditentukan yaitu di bulan Dzulhijjah. Selain itu perbedaannya dengan umroh adalah terletak di kelengkapan ritual dan waktu pelaksanaannya. Umroh dapat dilaksanakan kapan saja dan hanya di Mekkah (sekitaran Masjidil Haram dan Ka’bah saja), sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah (Arafah, Muzdalifah, dan Mina).

Untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang ibadah umroh, di bawah ini adalah hal – hal yang seharusnya dilakukan saat umroh di tanah suci. Yuk disimak bersama!

  1. Pelajari hal - hal mengenai umroh

Walaupun Anda sudah mengikuti berbagai kegiatan manasik dan membaca panduan umroh, ada baiknya jika Anda tetap mempelajari hal – hal tentang ibadah umroh mulai dari mempelajari keutamaannya, hingga persiapannya. Dengan dasar ilmu yang kuat, InsyaAllah ibadah yang Anda jalani akan berjalan dengan baik dan benar.

  1. Kenali siapa saja jamaah yang berangkat dengan Anda

Jika Anda berangkat dengan seseorang yang dikenal maka hal ini mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah. Jika tidak, maka pastikan mereka akan membawa Anda ke kualitas ibadah yang lebih baik. Jangan terlena dengan terlalu banyak belanja dan menikmati suguhan kuliner khas timur tengah. Ingatlah bahwa segala biaya yang Anda keluarkan adalah upaya Anda untuk dapat beribadah lebih baik di Baitullah.

  1. Mengenal aturan ihram

Mengetahui aturan ihram adalah hal yang wajib Anda ketahui. Tentunya materi tentang ihram akan diberikan saat manasik. Hal yang sering dilupakan adalah larangan memakai wewangian setelah berihram, memakai makeup bagi jemaah wanita dan menutup kepala dengan sesuatu untuk berlindung dari terik matahari. Pelajari lagi bab ihram supaya ibadah Anda dapat berjalan dengan semakin lancar.

  1. Kebersihan saat bercukur

Mencukur rambut dalam proses tahallul merupakan hal yang wajib dilakukan oleh jamaah pria dan wanita. Terlebih lagi untuk jamaah pria biasanya mencukur habis rambutnya karena mengharap doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam hal ini jamaah pria harus hati – hati. Walaupun pemerintah Saudi Arabia telah mewajibkan tukang cukur untuk menggunakan pisau sekali pakai, akan sangat bijak jika kita konfirmasikan hal itu kembali pada orang yang mencukur. Ditakutkan ada beberapa penyakit yang bisa menular melalui darah seperti Hepatitis C.

  1. Memakai pelembab

Saat jemaah pria sedang dalam keadaan ihram, tentunya Anda tidak akan menggunakan apa – apa di kaki. Oleh karenanya menggunakan pelembab di kaki akan melindungi kaki Anda dari panasnya jalanan yang dapat membuat kaki Anda kering.

  1. Mengunjungi Rawdah

Banyak keutamaan yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Rawdah yang ada di Masjid Nabawi. Salah satu diantaranya adalah pahala berlipat yang bisa didapatkan ketika beribadah di Rawdah.  Disunnahkan untuk melakukan I’tikaf, berdzikir dan membaca Al-Quran di sana.

  1. Mengunjungi tempat bersejarah di Madinah

Adanya situs bersejarah di Madinah tentu tak boleh Anda lewatkan. Lokasi perang Uhud dan masjid Quba, yaitu masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW bisa menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi. Sempatkan untuk sholat 2 rokaat di Masjid Quba untuk meraup limpahan pahala umroh selagi disana.

  1. Hubungi keluarga Anda

Walaupun Anda sedang dalam keadaan beribadah ke tanah suci, sempatkan untuk menghubungi keluarga Anda yang ada di Tanah Air. Kabarkan kondisi Anda dan jangan buat mereka khawatir akan bagaimanapun kondisi Anda di Tanah Suci. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk mendoakan mereka.

Oh ya, maksimalkan fasilitas WiFi yang biasanya disediakan oleh hotel tempat Anda menginap. Gunakan smartphone Anda untuk memudahkan komunikasi dengan keluarga tercinta di rumah.

  1. Berkomunikasi dengan jemaah lain

Selain keistimewaan dalam segi ibadah, dalam menjalani ibadah umroh Anda juga dapat menyambung ukhuwah dengan siapa saja. Mekah dan Madinah merupakan salah satu tempat berkumpulnya orang – orang dari seluruh dunia. Sangat disayangkan jika Anda tidak berbincang hangat dengan mereka yang ada dari negara lain. Ini juga bisa menjadi kenangan indah yang dapat Anda bawa pulang ke tanah air.

  1. Memanjatkan doa

Tentunya hal yang harus selalu Anda lakukan adalah berdoa. Perbanyak berdoa selagi Anda berada di tanah suci. Tidak setiap hari Anda ada disana bukan? Makanya, panjatkan doa sebanyak – banyaknya. Jangan lupa juga doakan orang tua Anda dan keluarga tercinta.

Itu tadi adalah 10 hal yang harus Anda perhatikan saat melaksanakan ibadah umroh. Nah, belakangan ini paket umroh juga biasanya dilengkapi dengan paket – paket liburan ke berbagai destinasi wisata seperti Kairo, Dubai, dan tempat – tempat lainnya. Jadi selain beribadah, Anda juga bisa berkunjung ke situs – situs yang kental akan sejarah islam. Oleh karenanya, segera mantapkan diri dan bergegaslah pergi umroh. Yuk segera pilih paket favorit Anda, khususnya paket umroh di bulan Ramadan karena akan ada bonus uang saku 150 Riyal di promo Super Jumat. Cek semua di Pergiumroh.com!