Jalan-Jalan ke Kota Mawar, Petra

Jordania, negara yang terletak di utara Saudi Arabia ini merupakan destinasi yang di dalamnya terdapat banyak objek wisata. Umumnya destinasi yang sering dikunjungi adalah Laut Mati, Laut Merah, hingga Kota Pelabuhan Aqaba. Namun satu yang paling sering mencuri perhatian wisatawan adalah Kota Mawar, Petra.

Kota bersejarah ini dikelilingi oleh gunung dimana terdapat Jabal Harun yang mempunyai ketinggian 1.350 meter dari permukaan laut. Di puncak gunung ini dipercaya sebagai tempat wafatnya Nabi Harun A.S. Di gunung ini pula Rasulullah SAW pernah singgah bersama pamannya ketika berusia 10 tahun.

Lokasi Kota Petra dapat diakses melalui jalur darat dengan waktu tempuh 3 – 5 jam dari kota Amman. Dahulunya kota ini adalah ibukota dari suku Nabatea, salah satu suku bangsa Arab yang diketahui hidup sebelum masuknya bangsa romawi ke kota ini. Seiring berjalannya waktu, kota ini semakin ramai dikunjungi wisatawan karena keindahan yang ditawarkan di dalamnya. Jika Anda ingin mencari destinasi wisata yang mempunyai sejarah dan sisi arkeologis yang kental, maka Petra adalah tujuan yang tepat untuk Anda kunjungi. Berikut di bawah adalah beberapa hal yang menarik dari Kota Mawar ini.

  1. Merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Petra memiliki banyak sekali hal menarik di dalamnya. Kontur bebatuan yang kemerah – merahan membuatnya layak menyandang nama Kota Mawar. Petra juga terkenal akan kemahsyuran bangunan arsitektur yang sebagian besar merupakan pahatan. Nama Petra sendiri diambil dari istilah yunani yang berarti batu, sebuah nama yang sangat cocok dengan keadaan alam sekitarnya yang sebagian besar adalah bebatuan.

Ada banyak situs – situs bersejarah di kota ini. Struktur permukaan dari bangunannya sendiri terdiri dari batu pasir. Situs ini adalah salah satu yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Ada juga sebuah theater yang berkapasitas hingga 4000 orang yang terdapat di kota ini. Seperti bangunan – bangunan lainnya, theater raksasa ini juga dibangun dengan cara dipahat.

Selain itu, kota ini memiliki sistem pengairan yang sangat unik, rumit namun sangat modern.  Di sini terdapat bilik – bilik air dan juga terowongan yang mengalirkannya ke kota. Dengan teknologi pengairan yang mereka miliki, hampir mustahil di kota ini untuk mengalami kebanjiran. Tak heran jika Petra akhirnya menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

  1. Menikmati Mansaf makanan khas Jordan

Jika Anda sudah puas menikmati pemAndangan bebatuan yang luar biasa, sekarang waktunya Anda menikmati kuliner Khas Jordan yaitu Mansaf. Mansaf dibuat dari olahan daging domba yang dimasak dengan Jameed (yoghurt kering yang telah difermentasi) dan biasanya disajikan dengan nasi ataupun bulgur (sejenis gandum di Jordan). Menu ini adalah menu yang paling populer diburu oleh wisatawan di Petra. Gak lengkap rasanya kalau Anda belum nyobain makanan ini.

  1. Pergi ke Kota Mawar, Petra

Anda tertarik untuk menikmati kemegahan ukiran raksasa yang terdapat di Petra? Anda bisa langsung mendaftarkan diri Anda untuk berangkat umroh plus city tour ke Aqsa & Petra selama 12 hari. Segera rencanakan keberangkatan Anda. Harapannya, umroh yang Anda jalani dengan biro perjalanan umroh dari Pergiumroh.com akan lebih berkesan, hingga nantinya Anda pulang dengan membawa segudang cerita yang dapat memancing rekan dan sahabat Anda supaya semakin termotivasi untuk segera berangkat umroh.