Jangan Lupa Cicipi Makanan Ini Kalau Kamu Pergi ke Kairo

Mengunjungi sebuah destinasi wisata rasanya kurang afdhol jika tidak mencicipi kuliner khas dari tempat tersebut. Begitu juga jika Anda mengunjungi kota Kairo, sayang banget kalau hanya mengunjungi beberapa landmark untuk melihat – lihat saja. Walaupun memang rasanya berbeda dengan masakan Indonesia, kuliner khas Mesir ini bisa banget kok untuk dinikmati lidah kita. Bedanya mungkin ada pada hilangnya rasa manis yang sering ditemui di masakan Jawa, cita rasa kuliner di Kairo lebih cenderung ke rasa asin dan pedas. Mungkin akan ada sedikit jeda untuk menerima cita rasa masakan Mesir di lidah kita. Tapi ketika sudah terbiasa, Anda pasti akan kangen banget untuk kembali dan mencicipi hidangan kota seribu menara ini.

  1. Roti Isy, Si Makanan Pokok Khas Mesir

Roti Isy adalah makanan pokoknya Mesir. Wah lah kok cuma roti aja, ga kenyang dong? Eits, jangan salah, roti isy ini harganya murah banget di sana. Dengan 1,5 - 2 LE aja Anda bisa mendapatkan sebungkus berisi 10 roti. Bahkan kalau lagi makan di resto, roti isy-nya di gratisin sama mereka. Jadi bisa lah ya kenyangin perut kita.

Roti Isy ini terbuat dari gandum yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah roti yang terbelah jadi dua di bagian tengahnya. Nah, rongga di tengahnya ini biasanya diisi dengan berbagai macam isian seperti telur, daging, kacang, dan berbagai macam lainnya. Kurang lebih konsepnya seperti sandwich tapi dengan bentuk yang berbeda.

Menu turunan dari roti isy juga banyak lho, contohnya Tho’miyah. Tho’miyah adalah roti isy yang diisikan dengan sayuran kacang giling dan kemudian digoreng. Ada juga varian dari menu Tho’miyah ini yang menggunakan telur sebagai tambahan isian, menu ini terkenal dengan nama Tho’miyah bil beid. Buat orang Indonesia yang pernah mengunjungi Mesir, Tho’miyah adalah makanan yang paling bikin kangen. Soalnya dengan harga murah, sekitaran 3 LE, Anda udah bisa menikmati hidangan ini. Apalagi mencari penjual Tho’miyah sangat gampang. Hampir di sepanjang jalanan selalu ada minimal 1 tempat yang menjualnya.

  1. Ruz bil Laban

Buat Anda yang pencinta makanan manis, wajib banget untuk nyobain menu yang satu ini. Ruz Bil Raban ini salah satu dessert yang biasanya paling cocok dengan lidah orang pribumi seperti kita – kita ini. Jika pada main coursenya cenderung asin dengan rempah – rempah yang kuat, kali ini Anda akan merasakan sensasi manis yang luar biasa.

Kurang lebih kalau teksturnya disamain tuh seperti bubur sumsum, tapi lebih padat seperti puding. Kalau ingin lebih manis lagi, tambahin aja karamel di atasnya. Ruz bil Laban yang disajikan bersama karamel ini lezat banget nget nget! Anda yang ada di Kairo, wajib buat nyobain menu ini.

  1. Mahsy dan Fatha

Walaupun bukan makanan pokok, di Mesir sebenarnya ada beras juga sih. Hanya saja, disini beras digunakan sebagai bahan isian dari sayuran seperti paprika atau daun kol. Masaknya menggunakan bumbu dan minyak, seperti nasi lemak. Jika biasanya kita makan nasi dengan sayur, ini adalah kebalikannya. Bisa dikatakan kita makan sayur yang di isi nasi bumbu di dalamnya.

Selain itu ada Fattha, olahan nasi dan pasta yang tipis seperti bihun yang dimasak dengan tomat. Fattha ini bisa disajikan dengan kuah maupun tanpa kuah. Fattha bil Kawareh, yaitu menu Fattha dengan sup kikil adalah salah satu contoh menu yang sangat laris dibeli di banyak restoran. Rasanya sendiri lebih minimalis jika dibandingkan dengan masakan Indonesia. Walaupun begitu, justru rasa gurih minimalis inilah yang bakal bikin  Anda kangen banget sama masakan khas Mesir.

  1. Lahma Grill

Menu terakhir yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda adalah Lahma Grill. Kalau di Indonesia sih mirip semur daging. Jadi daging ini akan melalui proses pemanggangan di dalam aluminium foil. Ketika menu ini disajikan, bisa dipastikan akan langsung ludes seketika. Manis dan gurihnya pasti bikin Anda pengen lama – lama deh berada di sini.

Yang jelas Kairo punya segudang menu yang recommended untuk Anda cicipi. Apalagi harganya gak terlalu menguras kantong. Nah, kapan nih Anda traveling ke Kairo? Kapanpun itu, pastikan menggunakan biro perjalanan travel terbaik yang disediakan Pergiumroh.com. Mumpung masih banyak harga paket umroh yang murah meriah. Dengan harga paket umroh yang ekonomis, Anda bisa beribadah sekaligus menikmati sensasi kuliner timur tengah yang ajib banget!

Yuk buruan rencanakan keberangkatan Anda! Kami pastikan biro perjalanan travel terbaik siap mengantar ibadah Anda ke tanah suci.