Mau Umroh? Jangan Lupa Buku Kuning Ya!

Sudah siap untuk pergi umroh? Selain persiapan mental, fisik, dan biaya, tentu kita harus mempersiapkan berbagai kebutuhan administrasi untuk dilengkapi. Keperluan administrasi tersebut antara lain fotocopy KTP, fotocopy KK, paspor asli, akte lahir, buku nikah atau surat keterangan mahram bagi yang belum menikah, serta buku kuning.

Apa sih buku kuning itu? Buku kuning adalah buku sebagai keterangan bahwa Anda calon jemaah umroh sudah melaksanakan suntik meningitis. Suntik meningitis ini adalah vaksin yang disuntikkan kepada para jemaah haji dan umroh yang hendak melaksanakan ibadah haji dan umroh, dengan tujuan mencegah penularan meningitis meningokokus (radang otak) diantara jemaah. Vaksinasi ini tentunya sangat penting karena berguna untuk mencegah penularan banyak penyakit, seperti meningitis, tetanus, tuberkulosis (TBC), hepatitis, HIV/AIDS, Japanese Encephalitis hingga malaria.

Sejak tahun 2002, Kementrian Kerajaan Arab Saudi mengharuskan negara-negara yang mengirimkan jemaah haji dan umroh untuk memberikan vaksin meningitis dan menjadikannya syarat pokok dalam pemberian izin haji dan umroh.

Kalau Anda mau suntik meningitis dan mendapatkan buku kuningnya, tidak semua rumah sakit menyediakan tempat untuk melakukan suntik tersebut. Hanya ada beberapa rumah sakit yang diberikan wewenang untuk melaksanakannya, seperti: Tempat Suntik Meningitis di Jalan Jengki KKP Halim, RS Fatmawati Centra Medika Haji dan Umroh Cilandak, RS Persahabatan Rawamangun Jakarta Timur, RS PON (Pusat Otak Nasional) Cawang Jakarta Timur, serta beberapa tempat lainnya.

Cara dan syarat yang diperlukan untuk suntik meningitis tidak perlu ribet kok. Anda dapat langsung datang ke rumah sakit terpilih untuk suntik meningitis, kemudian ambil formulir pendaftaran Vaksinasi Meningitis dan isi data Anda. Siapkan pas foto, fotocopy KTP dan fotocopy paspor untuk diserahkan bersamaan dengan formulir. Kemudian Anda akan masuk ke ruangan vaksin, diberi vaksin meningitis dan biasanya juga ditawarkan vaksin influenza jika Anda mau. Setelah itu, Anda akan membayar biaya yang dibutuhkan untuk vaksin, dan tidak lama kemudian Anda akan langsung menerima buku kuning nya. Mudah kan!

Sudah paham dengan buku kuning dan bagaimana cara mendapatkannya? Jangan lupa persiapkan diri Anda, administrasi yang diperlukan, dan nikmati umroh yang berkesan bersama Pergiumroh.com!