Mengapa Mekkah Disebut Sebagai Tempat Terbaik di Bumi?

Jika ada pertanyaan tentang dimanakah tempat terbaik yang ada di bumi? Pastilah akan banyak umat muslim yang mengatakan Mekkah. Dan rasanya memang benar, tidak ada lagi tempat yang lebih baik daripada kota Mekkah di muka bumi ini. Animo umat islam sendiri sangatlah tinggi untuk mengunjungi kota ini. Bagaimana tidak, banyak keutamaan ibadah yang bisa dicapai di tanah suci ini. Oleh karenanya, banyak penyedia biro perjalanan umroh yang berlomba – lomba untuk menawarkan paket umroh murah terbaiknya untuk Anda.

Mekkah, dimana terdapat Ka’bah di dalamnya adalah kiblat dari ibadah umat muslim di seluruh penjuru dunia. Di sinilah tempat dilahirkannya Nabi Muhammad SAW. Disini pula penyebaran agama islam dimulai. Oleh karenanya, kota ini memiliki sejarah yang sangat dirindukan bagi seluruh umat islam. Terlebih akan kisah dan sejarah tentang Rasulullah SAW banyak terjadi di sini.

Secara letak geografis, Mekkah berjarak sekitar 600 Km dari kota Madinah. Di sebelah timur laut kota ini berbatasan dengan kota Jeddah yang jaraknya kurang lebih 200 Km. Selain itu, kota ini juga dikelilingi oleh 2 gunung, yaitu gunung Aqu Qubais dan gunung Qa’qa’an. Bisa dikatakan Mekkah terletak di sebuah lembah yang tidak terlalu luas.

  1. Seluk beluk dan Keutamaan Kota Mekkah

Sebagai kota yang menjadi kiblat peradaban muslim di seluruh dunia, Mekkah tentunya memiliki banyak keistimewaan. Beribadah di tanah suci tentunya berbeda dengan beribadah di tempat lain. Selain suasana dan lokasi yang ada sangat mendukung untuk melakukan ibadah lebih khusyuk, keistimewaan dan pahala berlipat bisa Anda dapatkan jika melakukan ibadah di kota ini.

Selain itu ada banyak keutamaan lain di kota Mekkah, diantaranya adalah.

  • Dipilihnya kota Mekkah untuk diletakkannya Ka’bah

  • Negeri yang paling dicintai Allah SWT

  • Kota yang selalu dilindungi oleh Allah

  • Tak bisa dimasuki oleh Dajjal

  • Melakukan sholat di Masjidil Haram pahalanya setara dengan 100.000 kali sholat di tempat lain.

  • Diperbolehkan untuk sholat dan thawaf di Masjidil Haram kapanpun

Banyak banget ya ternyata keutamaan di kota Mekkah. Bisa Anda bayangkan jika melakukan sholat berjamaah di Masjidil Haram, pahalanya berkali – kali lipat lebih banyak dari tempat lain!

  1. Lebih Dekat Dengan Mekkah dan Sejarahnya

Jika kita berbicara tentang sejarah Kota Mekkah, sudah jelas kita akan memulainya dengan membahas tentang sejarah Nabi Ibrahim A.S. Diceritakan dari berbagai sumber bahwa Nabi Ibrahim A.S melakukan perjalanan dari Syam ke sebuah tanah gersang yang tidak ditumbuhi tanaman. Disinilah Nabi Ibrahim A.S memulai dakwah tauhid dan menyebarkan ajaran agama islam. Disini pula lahir keturunan dari beliau.

Walaupun berada di tanah gersang, tempat ini selalu dirindukan seluruh umat muslim lho. Bisa jadi karena Allah menurunkan berkah atas doa dari Nabi Ibrahim A.S di bawah ini.

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37)

Setelahnya Nabi Ibrahim A.S menunaikan perintah Allah untuk menetap dan berdakwah di dalam tanah suci ini. Kepengurusannya pada kota Mekkah pada akhirnya diserahkan kepada sang anak, Nabi Ismail A.S. Nabi Ismail yang mempunyai 12 orang anak, memerintahkan semuanya untuk merawat Ka’bah, mengajari manasik haji, dan juga membimbing para jemaah dengan ajaran tauhid.

Hingga saat ini, Mekkah menjadi pusat peribadahan umat Islam seluruh dunia. Sebagai kiblat muslim seantero bumi,  ada beberapa fakta menarik nih tentang kota Mekkah.

Salah satunya adalah sebuah penemuan yang digagas oleh Prof. Hussain Kamel, Kepala Bagian Ilmu Ukur Bumi di Universitas Riyadh Saudi Arabia.  Beliau menemukan bahwa ternyata Mekkah adalah sebenar – benarnya pusat dari bumi. Dengan melakukan pengkuran terhadap ketujuh benua terhadap kota Mekkah, Prof. Hussain menemukan bahwa Mekkah terletak di pusat bumi. Bahkan jarak antara kutub utara dan selatan dengan kota ini pun sama persis.

Selain itu juga ditemukan bahwa lempengan – lempengan bumi  bergerak mengelilingi kota Mekkah. Seolah lempengan – lempengan ini terus menunjuk ke Mekkah. Subhanallah!

Sebenarnya masih banyak nih sejarah dan informasi tentang kota Mekkah yang harus Anda ketahui. Akan lebih jelas lagi jika Anda langsung berangkat kesana, karena nantinya ada tour guide profesional yang akan memandu ibadah Anda di tanah suci.

Segera daftarkan keberangkatan umroh Anda. Pastikan memilih biro perjalanan umroh yang cocok dengan kebutuhan untuk mengantarkan Anda ke Baitullah. Selain itu dapatkan paket umroh murah dari Pergiumroh.com. Cek disini!