Persiapkan Diri Ketika Umroh Saat Musim Dingin

Ketika Anda akan pergi umroh pada musim panas, mungkin kendala cuaca yang sangat terik tidak terlalu menjadi masalah besar karena cuaca di Indonesia yang juga cukup panas. Beda halnya ketika Anda pergi umroh di saat musim dingin yaitu pada bulan Oktober hingga Januari. Bagi jemaah Indonesia, suhu udara yang kadang dapat mencapai dibawah nol derajat celcius bisa menjadi kendala yang serius. Agar ibadah tetap lancar dan nyaman, yuk cermati beberapa hal untuk menghindari masalah kesehatan ketika umroh.

1. Persiapan Fisik

Salah satu persiapan yang dapat dilakukan jemaah yaitu persiapan fisik. Persiapan fisik menghadapi musim dingin sejak di tanah air dapat dimulai dengan membiasakan diri berolah raga maupun lari pagi, atau setidaknya hanya sekedar jalan kaki setelah sholat subuh secara teratur, serta mengatur pola asupan makanan dengan gizi yang seimbang. Umroh dan Haji memang sedikit berbeda dengan ibadah lainnya, hampir 70 % ibadah umroh diisi dengan kegiatan yang memerlukan kekuatan fisik. Meskipun jarak hotel yang dekat, namun jamaah tetap harus berjalan minimal 50 hingga 800 meter menuju dan sepulang dari masjidil haram maupun masjid nabawi.

2. Pakaian Tebal dan Hangat

Selain persiapan fisik, upaya lain untuk menghadapi cuaca dingin adalah dengan membawa perlengkapan yang bisa menjadi “perlawanan” untuk menahan hawa dingin seperti sweater, jaket tebal, kaus kaki, masker, serta penutup kepala. Banyak juga dari jemaah umroh asal Indonesia yang membawa sebo (peci kuncung penutup kepala hingga leher, dimana yang terbuka hanya pada bagian wajah). Ini juga menjadi senjata yang mampu diandalkan untuk menahan dingin.

3. Banyak Minum Air Putih dan Membawa Obat Pribadi

Obat ataupun obat herbal anti masuk angin juga kadang kala diperlukan untuk mengusir demam atau flu dikarenakan cuaca yang tidak bersahabat. Sebaiknya siapkan juga obat batuk, obat demam, dan juga obat flu. Cara yang cukup efektif menghindari kulit kering dan bersisik dapat dengan membawa krim pelembab atau madu yang dapat dioleskan di kulit yang kering. Tentunya selalu sedia air putih agar tubuh tetap hidrasi dan tidak tumbang karena letih atau kondisi cuaca.

Tekad dan niat yang kuat tentu akan tetap membuat Anda semangat mengerjakan ibadah umroh. Namun, ada baiknya untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh agar ibadah semakin maksimal. Rencanakan juga umroh akhir tahun ini sembari menikmati liburan yang menyenangkan. Cek disini!