Persiapkan Umroh Bersama Lansia Agar Lebih Nyaman

Ketika Anda akan pergi umroh bersama nenek, kakek, atau orang tua yang sudah tergolong lansia, tentu dibutuhkan beberapa persiapan dan perhatian yang lebih agar umroh dapat berjalan lancar dan nyaman bagi semua.

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah jamaah umroh yang berasal dari Indonesia merupakan yang terbesar dibanding negara lain setiap tahunnya. Sebagian besar dari jamaah umroh tersebut adalah kaum lanjut usia (lansia) dengan kriteria berusia 75 tahun keatas.

Selain mempersiapkan niat, kondisi mental dan fisik, berikut tips-tips yang dapat dijadikan panduan bagi Anda selama menunaikan ibadah umroh bersama lansia:

1. Pastikan ada pendamping laki-laki dan pendamping sejenis kelamin dengan lansia tersebut.

2. Pastikan membawa popok (pampers) bagi lansia.

3. Persiapkan biaya utk kursi roda.

4. Persiapkan mental dan fisik lansia untuk naik turun tangga bis yang cukup tinggi. Bisa disiapkan dengan latihan fisik yang ringan seperti berjalan dan naik turun tangga sebelumnya.

5. Persiapkan baju hangat dan baju ganti yang cukup di tas jinjing atau tas yang dibawa ke kabin pesawat.

6. Untuk menghindari kedinginan ketika di bandara ataupun di bis selama perjalanan umroh, persiapkan botol minum air hangat sehingga siap sedia kapanpun dibutuhkan.

7. Siasati untuk bisa menunggu waktu sholat tetap di masjid/tidak pulang ke hotel, sehingga bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

Sembari persiapkan umroh agar khusyuk dan lancar, sembari rencanakan umroh yang nyaman dan aman bagi orang yang lebih tua. Yuk pesan paket favoritmu dari sekarang, disini.