Saat Turun Hujan Adalah Waktu yang Manjur untuk Berdoa

Akhir tahun biasanya identik dengan musim hujan. Sayangnya tidak semua orang menikmatinya. Bahkan mungkin ada dari Anda yang mengeluh karena rencana yang telah disusun gagal terlaksana karena turunnya hujan. Apalagi bagi Anda yang sedang banyak pikiran, turunnya hujan bisa jadi membuat mood campur aduk dan membuat hati sedikit baper.

Tapi jika dilihat dari sisi positifnya, sebenarnya banyak manfaat yang muncul ketika hujan turun. Salah satu keistimewaan hujan adalah salah satu waktu yang manjur untuk berdoa. Setidaknya ada dua waktu yang doanya tidak akan ditolak yaitu doa ketika adzan, dan ketika hujan turun ke bumi. Oleh sebab itu, berdoa saat hujan bisa jadi kegiatan yang gak boleh Anda tinggalkan.

Kira – kira apa nih doa yang akan Anda panjatkan? Apapun doanya, akan lebih baik jika Anda menghafal beberapa doa di bawah ini lebih dulu. Apa saja doanya? Yuk kita pelajari!

  1. Doa saat hujan mulai turun

Saat hujan mulai turun biasanya banyak orang yang mulai menjadi puitis dan menuliskan quote rindu. Gak ada salahnya sih, hanya saja akan lebih baik jika Anda membaca doa ini terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktifitas.

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Setelah baca doa ini, baru deh Anda mulai mengucapkan doa yang berisi harapan dan keinginan Anda. Manfaatkan momen ini untuk berdoa sebanyak – banyaknya.

  1. Doa saat hujan lagi deras – derasnya

Turunnya hujan biasanya disertai dengan turunnya rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karenanya kita dianjurkan untuk banyak berdoa saat hujan itu turun. Namun apa yang bisa kita lakukan jika hujan terdengar semakin deras dan menakutkan? Tenangkan pikiran Anda, ada amalan yang bisa diamalkan saat peristiwa ini terjadi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a,

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014)

  1. Doa setelah hujan

Sederas apapun hujan yang turun pastinya akan berhenti juga. Nah ternyata ada juga lho amalan yang bisa Anda bacakan saat hujan telah berhenti. Adapun doa itu diambil dari sabda Rasulullah,  

“Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), makadialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza’ (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.”  (HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71)

Makna dari doa di atas adalah sebagai ucapan syukur akan nikmat hujan yang diturunkan oleh Allah SWT. Dengan ucapan syukur tersebut diharapkan segala doa yang telah Anda panjatkan akan segera dikabulkan oleh Sang Khalik.  

Nah kan, ternyata hujannya membawa  banyak manfaat untuk kita semua. Sudahkah Anda siap untuk berdoa ketika turun hujan? Jangan lupa cek paket umroh impianmu disini dan semoga doa yang dipanjatkan untuk pergi umroh segera terwujud ya!