Tips Agar Badan Tetap Fit Selama Umroh

Setiap jamaah haji maupun umroh tentu tidak ingin terkena penyakit selama menjalankan ibadahnya. Namun, risiko terkena virus ataupun penyakit tentu tidak dapat dihindarkan lagi. Berbagai faktor penyebabnya seperti perbedaan iklim, cuaca, lingkungan, dan kelelahan tentu akan berpengaruh besar pada daya tahan tubuh seorang jemaah.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin saat umroh:

1. Selalu gunakan masker

Karena banyaknya jemaah dari berbagai tempat di belahan dunia, pertukaran udara menjadi salah satu aspek timbulnya penyakit. Secara umum, jemaah umroh banyak yang terkena dampak penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) sekembalinya dari tanah suci. Tenang saja, penyakit ini bukanlah bersifat berbahaya apabila mendapat penanganan yang baik dan segera. Masker penting untuk mencegah penularan ISPA yang terbilang gampang menular.  

2. Rajin cuci tangan

Tentu Anda harus menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Karena tangan menjadi media awal dari bakteri dan kuman yang sepatutnya dijaga terus untuk tetap higienis.

3. Perbanyak minum air putih dan air zam-zam

Rendahnya tingkat kelembaban udara di Mekkah dan Madinah mengakibatkan tubuh kita cepat kehilangan cairan. Terlebih jika cuaca di tanah suci sedang pada derajat yang tinggi, tubuh kita bisa dehidrasi jika tidak banyak minum air putih. Tidak hanya air mineral, Anda juga bisa konsumsi air zam-zam selama disana. Jangan lupa ya!

4. Membawa Sun Block dan pelembab bibir

Kelembaban udara yang rendah dan terik matahari yang menyengat gampang sekali menyebabkan kulit dan bibir pecah-pecah, bahkan hingga mimisan. Selain memperbanyak minum  air putih/air zam-zam, sediakan lotion anti sinar matahari (sun-block) dan juga pelembab bibir. Setiap keluar kamar pergunakan selalu sun block dan pelembab bibir ini. Sun-block dan pelembab bbir yang tidak mengandung alkohol dan wewangian banyak di jual di toko oleh-oleh umroh.

5. Jaga pola makan

Nah, makanan yang kita konsumsi selama berada di tanah suci juga harus dijaga. Perlu diperhatikan keseimbangan nutrisi dan gizi dalam pola makan kita. Perbanyakan konsumsi sayur dan buah. Jangan lupa minum susu dan vitamin guna menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit.

6. Jaga pola tidur

Terakhir, tips yang tentu paling penting adalah pastikan Anda mendapat waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Jangan terlalu memaksakan diri terutama pada tahap awal beribadah umroh, karena takut akan menimbulkan risiko stamina tubuh yang drop dan dapat menyebabkan sakit. 

Tubuh yang sehat dan hati yang tenang tentu bisa membuat kita semakin khusyuk beribadah kepadaNya. Akan rugi kan kalau lagi menikmati waktu berharga ketika di tanah suci, tapi Anda sedang dalam keadaan tidak fit.