Tips Pergi Umroh yang Aman dan Nyaman

Diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah umroh atau haji merupakan suatu pengalaman yang luar biasa dan sepatutnya dimanfaatkan sebaik mungkin. Ketika Anda beribadah ke tanah suci tentu kesungguhan hati dan segala upaya dikerahkan agar bisa khusyuk dan sempurna dalam melaksanakan ibadah suci ini. Namun, semua itu harus dipersiapkan secara matang dan terencana sejak awal. Ibadah umroh dan haji menggunakan penanggalan hijriyah dalam pelaksanaannya. Tentu ini akan sangat memengaruhi kondisi cuaca yang berlangsung di Mekkah dan Madinah. Oleh karena itu, para jamaah harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan memerhatikan beberapa hal berikut.

 

1. Persiapkan mental

Ketika Anda sudah tergerak hati dan niat untuk semata-mata beribadah kepadaNya, insyaallah segala keresahan akan hilang. Penting untuk terus menjaga keteguhan hati dalam beribadah. Ikhlaskan hati untuk benar benar beribadah bukan semata mata untuk bersenang senang ketika melakukan ibadah umrah.

 

2. Persiapkan biaya yang dibutuhkan

Biaya tentu merupakan aspek penting yang dipikirkan setiap calon jamaah. Banyak calon jamaah yang sudah menabung dari sebagian hartanya untuk menunaikan ibadah suci yang satu ini. Tetapi tentu ketika Anda pergi meninggalkan tanah air menuju Arab Saudi untuk beribada umroh atau haji, baiknya dalam keadaan masih menyisakan harta sehingga memang benar-benar dapat dikatakan mampu untuk pergi umroh.

 

Selain kondisi cuaca, waktu keberangkatan juga menentukan biaya yang harus dikeluarkan saat menunaikan ibadah umroh. Jika para jamaah memilih ibadah umroh pada musim liburan, jelang musim haji atau menjelang Ramadhan, jangan heran bila biaya bisa lebih mahal dari biaya umroh pada waktu yang lainnya. Hal ini dikarenakan pada musim-musim tersebut, biasanya jamaah umroh membludak. Lalu, di saat yang sama terjadi persaingan ketat antar sesama maskapai atau juga agent travel umroh. Dan imbasnya, harga paket umroh pun akan menjadi mahal. Jangan lupa juga dengan nilai tukar rupiah terhadap riyal yang pastinya berubah setiap waktu.

 

Bagi para jamaah yang mencari biaya perjalanan murah, maka pilihlah paket umrah yang dilangsungkan pada bulan Januari hingga Maret. Namun, pertimbangan akan keadaan lain seperti kenyamanan dan jadwal Anda sendiri juga patut diperhatikan.

 

3. Rencanakan waktu keberangkatan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, waktu keberangkatan sangat berpengaruh pada prioritas atau preferensi yang Anda pilih untuk pergi umroh. Apakah Anda lebih memilih keberangkatan karena pertimbangan biaya atau kenyamanan. Setiap bulan yang dipilih untuk keberangkatan umroh Anda tentu mempunyai karakteristik dan konsekuensi masing-masing.

4. Pastikan untuk menggunakan jasa travel umroh atau haji yang berizin

Setelah Anda telah siap dengan berbagai macam pertimbangan dari segi mental, finansial, dan waktu yang memungkinkan, Anda dapat mulai mencari informasi mengenai agen travel atau marketplace umroh yang akan dipilih. Setiap agen atau marketplace umroh tentunya menyediakan berbagai paket-paket dan promo-promo umroh yang mempunyai klasifikasi layanannya masing-masing. Apakah Anda berencana untuk pergi umroh saja, atau ditambah dengan paket perjalanan lain seperti paket umroh plus Turki, paket umroh plus Dubai, dan lain sebagainya.

 

Setelah Anda mengetahui dengan pasti mengenai paket perjalanan umroh yang diinginkan, sebaiknya Anda memeriksa lebih pasti akan legalitas dan kredibilitas agen travel bersangkutan untuk kepentingan keamanan Anda selama umroh. Kementerian menyediakan akses informasi secara terbuka dalam situs resminya yaitu kemenag.go.id yang berisi daftar seluruh biro travel umrah dan haji yang telah mendapat izin. Hanya biro travel yang memenuhi persyaratan termasuk fasilitas di tanah suci yang dapat izin. Persyaratan tersebut dikemas pemerintah dalam program bernama 5Pasti (Pasti Travelnya Berizin, Pasti Jadwalnya, Pasti Terbangnya, Pasti Hotelnya, dan Pasti Visanya). Program ini berisi lima tips bagi calon jemaah untuk memastikan paket dan perjalanan yang dipilihnya bukanlah penipuan dan menjamin kenyamanan beribadah.

 

5. Pastikan waktu keberangkatan, kepulangan, hotel, dan detail perlengkapan lainnya

Apabila Anda sudah memesan paket umroh yang sesuai dengan segala kriteria, pastikan kembali segala detail keberangkatan Anda. Detail yang harus Anda pastikan dan dicatat adalah waktu keberangkatan seperti tanggal, bulan, jam keberangkatan pesawat, nama maskapai, dan lain sebagainya hingga jadwal kepulangan ke tanah air.

 

Lalu, detail mengenai perlengkapan dan kebutuhan selama di Mekkah dan Madinah juga tidak boleh ketinggalan. Pastikan Anda untuk mencatat nama hotel, jarak dari hotel ke Masjidil Haram dan tempat-tempat penting lainnya seperti tempat perbelanjaan, dan lainnya. Catat nama dan nomor telfon dari pembimbing rombongan, teman rombongan, dan petugas dari agen travel Anda. Penting untuk mencatatnya di kertas dan smartphone Anda agar tidak mudah tersesat dan kehilangan kontak dengan orang-orang yang penting bagi keselamatan Anda.

Penting juga diingat baik-baik mengenai barang bawaan Anda selama di Mekkah dan Madinah. Bawa kebutuhan yang memang benar-benar penting saja dan terus jaga barang bawaan Anda agar terhindar dari pencopetan, kehilangan barang, dan berbagai kejadian yang tidak diinginkan lainnya.

Berbicara mengenai isi barang bawaan selama di tanah suci, sebaiknya sudah persiapkan kebutuhan isi koper seminggu sebelum berangkat. Seperti pakaian ihrom, sandal / sepatu, kaus kaki, kaus tangan, kerudung/bergo, pelembab, handuk, dll. Perihal oleh-oleh yang akan Anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta dirumah, sebaiknya diperhitungkan dengan matang dan tidak perlu berlebihan agar tidak mubazir dan malah menjadi menyusahkan Anda karena beratnya barang bawaan.


Persiapan yang matang akan keberangkatan umroh maupun haji tentu dapat memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri untuk melangkah dengan yakin di tanah suci. Berbekal hati yang teguh, persiapan yang menyeluruh, dan kerinduan akan sang khalik, InsyaAllah umroh atau haji Anda akan berkesan dan berharga.