Tips Umroh Bersama Balita

Anda orangtua dengan anak berusia dibawah lima tahun (balita)? Kalau Anda ingin umroh bersama buah hati dan bingung cara terbaik untuk tetap beribadah umroh sembari mengurus anak, Pergiumroh.com punya tips nya!

1. Biaya

Biaya umroh yang dikeluarkan untuk umroh bagi orang tua dan balita tentu berbeda. Kenapa? Karena hal tersebut bergantung kepada regulasi dan jatah seat di pesawat. Untuk anak usia 0-2 tahun, biasanya akan mendapat potongan harga karena masih dapat dipangku oleh orangtuanya, serta tempat tidur di hotel yang masih bisa sharing bersama orangtua.

Beda halnya dengan anak yang sudah berusia diatas 2 tahun, mereka tentu membutuhkan kursi tersendiri di pesawat serta tempat tidur di hotel. Tentu, Anda harus pastikan lagi kepada pihak agent travel dari paket yang dapat Anda pilih disini mengenai harga dan ketentuan umroh membawa balita.

2. Paspor

Proses pembuatan paspor anak dengan paspor orangtua kurang lebih sama saja, cuma membutuhkan tambahan dokumen seperti dokumen identitas orangtua. Kini pendaftaran paspor juga dipermudah dengan registrasi via online dan datang ke kantor imigrasi untuk foto.

3. Vaksin Meningitis

Salah satu syarat penting untuk pergi umroh adalah buku kuning yang didapatkan setelah kita sebagai calon jemaah melakukan vaksin meningitis. Vaksin ini wajib bagi anak diatas usia 2 tahun. Bagi anak yang berusia dibawah 2 tahun cukup melampirkan surat keterangan dari KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan).

4. Persiapan obat-obatan

Sebelum pergi umroh, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu, terutama jika anak sedang sakit atau punya riwayat sakit khusus. Persiapkan juga dalam tas beberapa obat standar seperti obat flu, obat diare, obat demam, obat sakit kepala, dan sebagainya. Obat pribadi yang penting bagi kesehatan anak juga wajib dibawa ketika umroh.

5. Pakaian

Mengenai jenis pakaian, tentunya sesuaikan dengan musim/cuaca di Madinah dan Mekah pada saat Anda dan buah hati pergi umroh. Kalau sedang musim panas, tentunya sediakan banyak baju ganti yang nyaman dan berbahan katun. Kalau sedang musim dingin, tentu siapkan pakaian yang tebal tapi juga nyaman. Sediakan popok dan kebutuhan anak lainnya agar mempermudah Anda.

6. Makanan

Makanan yang biasa disediakan sehari-hari dan tentunya bergizi bisa dibawa ketika umroh, asalkan tetap praktis. Anda juga bisa sediakan sereal atau biskuit khusus bayi. Biasanya, untuk anak usia dibawah 2 tahun, di pesawat akan disediakan makanan bayi organik.

7. Mainan untuk anak

Penting banget nih mainan untuk tetap membuat anak Anda nyaman. Mainan ini bisa saja mainan boneka, buku cerita, crayon, dan mainan lain yang sering dia mainkan.

Nah, sudah cukup lengkap ya berbagai tips ketika Anda harus pergi umroh bersama buah hati yang masih berusia balita. Tenang saja ayah ibu, yang penting adalah persiapan niat dan mental untuk beribadah. InsyaAllah segalanya akan dimudahkan dalam perjalanan ke tanah suci.