Travelling Sambil Ibadah dalam Pandangan Islam

Jika ada sebuah hobby yang sedang happening banget di Indonesia, bisa jadi adalah travelling. Ya, bepergian ke berbagai tempat sudah bukan hal yang jarang ditemui. Apalagi jaman sekarang hampir semua traveler bepergian hanya untuk memburu spot – spot yang instagramable. Alhasil mobilitas wisatawan domestik di Indonesia ini tinggi banget. Bahkan pertumbuhannya sangat drastis jika dibandingkan dengan negara – negara lainnya.

Hanya saja kadang sayang banget kalau melihat beberapa traveler itu lebih sibuk sama travelling-nya sampai lupa dengan ibadah. Padahal bagi seorang muslim, ibadah itu nomer wahid! Gak boleh di tawar, malah kalau boleh ditambahin, ya kan?

Lah, kalau hobby travelling tapi ga pengen lupa ibadah gimana dong caranya? Emang bisa? Bisa dong, kenapa nggak? Caranya bagaimana? Salah satunya ya cari destinasi wisata yang punya sejarah kental akan perkembangan agama islam. Dengan mengunjungi destinasi wisata yang lekat dengan sejarah agama, kita dapat meresapi pelajaran berharga yang bisa diambil. Dan tentunya kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah

  1. Seruan Travelling di Dalam Agama Islam

Travelling itu boleh – boleh aja kita lakukan, bahkan di anjurkan di dalam agama islam. Tapi ya itu tadi, gak boleh ninggalin ibadah ya. Nah, ada beberapa ayat Al – Qur’an yang menganjurkan kita untuk melakukan travelling. Dua di antaranya adalah sebagai berikut.

Surat Luqman Ayat 31

" Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur."


  1. Alasan kenapa seorang muslim dianjurkan travelling

Dari potongan ayat di atas bisa disimpulkan bahwa sejatinya seorang muslim mendapatkan seruan untuk melakukan perjalanan untuk beberapa hal, diantaranya yaitu bersyukur atas kebesaran Allah SWT, mengetahui kisah orang – orang kafir yang berpaling / memalingkan diri dari ajaran agama islam, dan juga menambah ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.

Jadi sebisa mungkin travelling itu gak hanya sekedar mengunjungi sebuah tempat dan berfoto ria sambil bersantai di sana. Jika Anda mengunjungi sebuah pantai, Anda bisa mulai bersyukur karena Allah mengizinkan Anda untuk melihat pantai tersebut yang merupakan tanda kebesaran Allah SWT.  

Begitu pula jika Anda berada di puncak dari sebuah gunung. Tentunya pemandangan yang indah gak akan terlewatkan jika dilihat dari atas sana. Oleh karenanya, jangan lupa bersyukur akan momen indah yang Anda alami ini.


  1. Travelling Sambil Beribadah

Sudah jelas travelling yang paling bermanfaat adalah travelling dengan niatan mulia untuk menambah ketaqwaan kita pada Allah SWT. Salah satunya dengan berangkat umroh.

Di zaman milenial ini, banyak kok paket umroh murah yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan diantaranya ada yang mampir ke beberapa negara seperti Turki, Mesir dan banyak negara lainnya. Karena destinasi seperti Turki, Mesir dan Kairo juga terdapat banyak jejak peninggalan islam yang berharga. Jadi sambil beribadah Anda juga bisa sambil berwisata juga. Enak kan? Travellingnya jadi satu dengan ibadah? Kurang barokah apa coba?

Paket umroh murah ini juga bisa Anda dapatkan di Pergiumroh.com lho. Selain itu juga selalu ada promo umroh di setiap momen momen tertentu. Anda bisa banget nih untuk memanfaatkan promo umroh ini. Mumpung ada niatan untuk travelling, sekalian aja berangkat umroh. Sambil jalan – jalan, sambil ibadah juga. InsyaAllah setiap langkah kaki Anda di perjalanan akan membawa berkah hingga nanti pulang ke tanah air. Aamiin


Yuk pesan paket umrohmu disini!