Umroh Bersama Anak? Tidak Perlu Khawatir

Ketika kita ingin menunaikan ibadah umroh atau haji namun tidak bisa meninggalkan anak dirumah karena tidak ada yang menjaganya, jangan khawatir. Kini sudah banyak orang tua yang membawa anaknya untuk turut pergi umroh. Namun, tentu perlu diperhatikan beberapa hal penting agar ibadah Anda tetap nyaman, khusyu’, dan tidak terganggu. Mau tau tips membawa anak saat umroh? Yuk disimak!

1. Waktu keberangkatan.

Sebaiknya memilih waktu keberangkatan pada bulan-bulan awal agar tidak terlalu terpapar panasnya sinar matahari yang dapat membuat anak Anda tidak betah dan rewel.

2. Maskapai penerbangan.

Cek penerbangan apa yang digunakan. Pesawatnya jenis apa dan adakah inflight entertainment-nya. Jika tidak ada, maka Anda harus persiapkan segala mainan yang dibutuhkan untuk menghibur sang buah hati.

3. Lokasi hotel.

Lokasi hotel harus jadi pertimbangan penting dalam pemilihan paket Anda jika ingin membawa anak yang masih kecil. Karena jarak hotel yang semakin dekat dengan masjid tentunya akan sangat memudahkan Anda, jikalau ada kebutuhan tertentu yang mendadak sehingga mengharuskan Anda sering ke hotel.

4. Sesuaikan dengan ekspektasi Anda.

Tidak perlu bersikeras untuk mencium Hajar Aswat kalau dirasa susah untuk diwujudkan karena membawa anak merupakan perjuangan yang super ekstra. Keamanan Anda dan anak Anda merupakan prioritas utama yang harus dijaga.

5. Jadilah fleksibel.

Supaya anak-anak tidak bosan, ajak juga mereka untuk jalan-jalan di luar rutinitas ke masjid. Bisa sekedar makan es krim dan duduk di pelataran toko/masjid sambil memberi makan burung atau bermain mobil ATV di Jabal Rahmah.

6. Bawalah perlengkapan penting anak Anda.

Bawalah diapers, strollers, dan gendongan. Bila buah hati Anda masih balita, bawalah diapers ekstra. Sebaiknya, bawa juga gendongan atau stoller untuk berjaga-jaga jika si kecil kelelahan saat melakukan Thawaf atau Sai. Namun perlu diketahui, stoller hanya boleh masuk masjid di Madinah.

Hal terpenting adalah jangan memaksakan kepada anak untuk mengikuti ibadah umroh seperti halnya orang tua. Perhatikan juga kenyamanan dan keamanan anak ketika Anda sedang beribadah, dengan tetap menjalani umroh sesuai ketentuan.Semoga dengan sejak dini membawa si kecil ke tanah suci dan mengenalkannya dengan Baitullah, menjadi rahmat dan barokah untuknya di kemudian hari dan tabungan pahala yang tiada putusnya untuk orangtuanya. Aamiin. Kalau Anda sudah siap untuk pergi umroh dengan keluarga dan buah hati tercinta, yuk segera daftarkan diri Anda dengan berbagai paket yang tersedia. Bisa di cek disini!